Benarkah Suka Mengkonsumsi Kuning Telur Bisa Membuat Kadar Kolesterol Naik?

Telur satu diantara makanan yang punyai kandungan nilai gizi yang cukuplah tinggi. Gak cuma protein, dalam telur kita dapat mendapatkan beragam mineral serta vitamin yang dapat beri dukungan kesehatan badan kita. Sayangnya, ada suatu mitos yang diyakini oleh banyak orang-orang yang katakan kebanyakan mengonsumsi kuning telur yang benar-benar nikmat ini, karena itu kita kita dapat menaikkan kandungan cholesterol dalam darah. Lantaran masalah ini, banyak orang-orang yang selanjutnya jauhi telur lantaran tak ingin kandungan cholesterol dalam tubuhnya bertambah.

Ahli kesehatan gizi Jansen Ongko, MSc, RD, berbicara kalau mitos ini tidak pas terdapatnya. Memang, analisis kesehatan katakan kalau waktu kita mengonsumsi telur, karena itu kandungan cholesterol dalam darah memang bertambah. Akan tetapi, yang bertambah merupakan kandungan cholesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein). HDL sendiri merupakan protein pada plasma darah yang malahan melakukan perbaikan kehancuran sekalian turunkan kandungan cholesterol jahat dalam badan. Terdapatnya HDL ini malahan menunjang pembuangan cholesterol jahat lewat empedu. Menurut Jansen, makin tinggi kandungan cholesterol baik, karena itu makin rendah juga dampak terserang penyakit arteri koroner.

Adanya kenyataan ini, resiko mengonsumsi telur, terutama kuning telur, jelas tidak sama dengan resiko mengonsumsi lemak trans yang dapat kita temukan pada makanan yang tidak sehat seperti junk food atau bahkan juga gorengan.

Namun, untuk mereka yang udah alami problem pada kesehatan jantungnya, karena itu alangkah lebih baik memang mengonsumsi kuning telur dibatasi mengingkat dalam satu butir telur saja kita dapat mendapatkan 186 mg cholesterol, angka yang sama dengan 62 % keperluan pada badan kita seandainya alami problem kesehatan pada jantung. Namun, kalau kita tidak alami problem kesehatan pada jantung, karena itu bolehlah kita mengonsumsi kuning telur terkadang buat memperoleh kandungan vitamin K yang dapat menunjang kesehatan tulang, kolin yang dapat memperhatikan kesehatan otak, serta beragam nutrisi baik yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *