Elektrokardiogram (EKG) – Fungsi Jantung dan EKG

Lead elektroda menuju pada dinding dada serta bisa mengetahui impuls listrik yang dibuat oleh jantung. Sejumlah lead memberi banyak pandangan listrik jantung. Dengan mengartikan skema yang dibikin di EKG, dokter bisa sadari denyut jantung serta irama jantung dan saluran darah ke ventrikel (otomatis).

Frekwensi denyut jantung merujuk pada sebagaimana cepat jantung berdetak. Rata-rata, nodus SA membuahkan impuls listrik 50-100 kali per menit. Bradikardia (brady = lamban + cardia = jantung) melukiskan denyut jantung kurang dari 50 kali per menit. Takikardia (tachy = cepat + cardia = jantung) melukiskan denyut jantung bertambah cepat dari 100 kali per menit.

Irama merujuk pada type detak jantung. Rata-rata, jantung berdetak dalam irama sinus dengan semasing impuls listrik yang dibuat oleh SA node menimbulkan kontraksi ventrikel, atau detak jantung. Ada beberapa irama listrik abnormal, sejumlah macam normal serta sejumlah yang punya potensi beresiko. Sejumlah irama listrik tak membuahkan kontraksi serta adalah pemicu kematian tiba-tiba.

Contoh irama jantung mencakup:

irama sinus normal
sinus takikardia
sinus bradikardia
fibrilasi atrium
atrial flutter
ventrikel takikardia
fibrilasi ventrikel
Ada bisa juga keterlambatan dalam transmisi impuls listrik di metode kelistrikan mana saja, termasuk juga node SA, atrium, nodus AV, atau ventrikel. Sejumlah impuls yang keluar batas memicu macam abnormal irama jantung yang bisa punya potensi mengintimidasi nyawa. Sebagian contoh termasuk juga:

AV blok derajat 1
AV blok derajat 2 model I (Wenckebach)
AV blok derajat 2 model II
AV blok derajat 2, atau blok jantung komplet
Blok berkas cabang kiri (left bundle branch block)
Blok berkas cabang kanan (right bundle branch block)
Ada bisa juga circuit pendek yang bisa menimbulkan arah listrik abnormal di jantung memicu kelainan denyut serta irama. Wolfe-Parkinson-White (WPW) syndrome yaitu satu situasi dimana arah accessories abnormal pada nodus AV bisa memicu takikardia.

EKG bisa juga memberi info mengenai apa beberapa sel otot jantung miliki saluran listrik yang pas. Dengan menganalisa bentuk gelombang listrik, dokter mungkin bisa tentukan adakah penurunan saluran darah ke sisi otot jantung. Terdapatnya penyumbatan parah yang sehubungan dengan infark miokard atau serangan jantung bisa dipastikan juga. Itu salah satunya fakta jika EKG butuh dilaksanakan selekasnya mungkin tidak dengan menanti pasien berkeberatan ngilu dada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *