Famotidine: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Famotidine obat apa? Famotidine yakni obat dari group antagonis reseptor-H2. Obat ini dimanfaatkan buat menangani masalah aliran pencernaan khusus melalui langkah kurangi sekresi asam lambung.

Pahami lebih jauh mengenai Famotidine dimulai dengan faedah, dosis, dampaknya, serta yang lain mengenai Famotidine di bawah ini.

Famotidine yakni nama monografi obat yg masuk ke group antagonis reseptor H-2. Obat ini kerja merubah sekresi asam lambung melalui langkah menghalangi penambahan senyawa histamin pada reseptor H2 dengan cara selektif.

Asam lambung diperlukan oleh mode pencernaan serta di produksi dengan cara alami dalam mode pencernaan. Tapi terdapat sejumlah keadaan khusus yg membawa dampak produksi asam lambung berlebihan serta malahan bisa mengganggu mode pencernaan.

Faedah Famotidine

Faedah Famotidine pada umumnya yakni buat menangani problem pencernaan yg berhubungan dengan produksi asam lambung. Beberapa keadaan yg umum dikerjakan dengan Famotidine yakni sebagaimana berikut ini:

Tukak lambung
Tukak duodenum
Radang usus
Refluks esofagitis
Sindrom Zollinger-Ellison
Kecuali keadaan di atas, manfaat Famotidine yakni buat menangani keadaan lain yg butuh pengurangan produksi asam lambung.

Dosis Famotidine
Famotidine datang dalam sediaan tablet serta cairan injeksi. Dosis Famotidine yg dikasihkan tentu saja mengatur dengan keadaan serta kepentingan pasien dan sediaan obat yg dimanfaatkan. Tersebut disini dosis Famotidine yg dianjurkan berdasar pada keadaan yg dikerjakan:

Tukak lambung serta tukak duodenum dewasa: 40 mg, dikasihkan sebelum tidur. Perawatan dikerjakan saat 4-8 minggu.
Perawatan tukak duodenum: 20 mg, dikasihkan sebelum tidur malam.
Refluks esofagitis: 20-40 mg, dikasihkan 2 kali satu hari. Perawatan dikerjakan saat 6-12 minggu.
Perawatan refluks esofagitis: 20 mg, dikasihkan 2 kali satu hari.
Sindrom Zollinger-Ellison: 20 mg, dikasihkan tiap-tiap 6 jam. Dosis bisa dinaikkan bila pasien awal mulanya udah memakai antagonis reseptor-H2 lain. Dosis optimalnya yakni 800 mg satu hari dalam dosis terdiri.
Dosis di atas yakni dosis yg kebanyakan dikasihkan. Dosis bisa berganti mengatur dengan keadaan serta kepentingan pasien. Jangan sampai merubah dosis tanpa ada berdiskusi dengan dokter ataupun apoteker.

Panduan Pemakaian Famotidine
Famotidine mesti dimanfaatkan sesuai sama panduan pemakaiannya. Tersebut disini ketentuan minum Famotidine serta pemakaiannya yg benar:

Obat ini bisa dikonsumsi bertepatan atau mungkin tidak bertepatan dengan makanan.
Pakai obat Famotidine sesuai sama dosis yg dianjurkan.
Pakai obat Famotidine pada kala yg sama tiap harinya.
Kalau dosis lewatkan, lekas mengonsumsi obat waktu ingat. Tapi kalau dekat sama dosis sesudah itu, karena itu cukup mengonsumsi dosis sesudah itu saja.
Kalau tidak berniat memakai obat Famotidine melewati dosis yg dianjurkan, lekas tanyakan ke dokter.
Pemakaian Famotidine injeksi mesti dikerjakan oleh petugas kesehatan profesional.
Panduan Penyimpanan Famotidine
Tersebut disini panduan penyimpanan Famotidine yang perlu dilihat:

Taruh obat Famotidine pada suhu area.
Taruh obat Famotidine dalam tempat kering serta tidak lembap.
Hindarkan obat Famotidine dari sinar atau cahaya matahari langsung.
Hindarkan obat Famotidine dari jangkauan beberapa anak serta hewan peliharaan.
Dampak Samping Famotidine
Obat-obatan style apa pun punya harapan mengundang dampaknya, demikian dengan Famotidine. Beberapa dampaknya yg mungkin muncul dari obat Famotidine yakni sebagaimana berikut ini:

Mulut kering
Sakit kepala
Pusing
Sembelit
Diare
Dampaknya yg lebih serius tapi lebih jarang ada mencakup:

Hilang kesadaran
Sesak napas
Detak jantung tidak teratur
Ngilu otot
Demam
Was-was
Stres
Masalah tidur
Kejang
Penurunan hasrat seksual
Nafsu makan menyusut
Sakit di wilayah perut
Pergantian warna urin
Penyakit kuning
Ruam
Sariawan
Reaksi alergi
Dampaknya di atas tak selamanya berlangsung. Dampaknya enteng kebanyakan dapat hilang dengan sendirinya dengan cepat.

Dampaknya bisa berlangsung gara-gara pemakaian obat terlalu berlebih, hubungan obat, pemakaian periode panjang, atau lantaran keadaan khusus dari tiap-tiap pasien yg tentu saja berlainan.

Kalau Anda rasakan tanda-tanda dampaknya serius atau reaksi alergi dari pemakaian obat ini, lekas hentikan pemakaian obat serta tanyakan dengan dokter buat memperoleh perlakuan seterusnya.

Hubungan Obat Famotidine
Hubungan obat bisa berlangsung sewaktu Famotidine dimanfaatkan bersama-sama style obat-obatan lain khusus. Hubungan obat membawa dampak efektivitas obat mengalami penurunan serta bisa menambah kemampuan berlangsungnya dampaknya.

Tersebut disini style obat yg semestinya tidak dimanfaatkan bersama-sama Famotidine:

Antikoagulan
Antasida
Metoclopramide
Sukralfat
Ketoconazole
Itraconazole
Obat kemoterapi
Obat radioterapi
Daftar obat di atas peluang bukanlah daftar komplet. Berikan tahu dokter bila Anda tengah memakai atau belumlah lama ini memakai obat-obatan khusus baik obat resep, non-resep, sampai herbal.

Mengonsumsi alkohol juga bisa membawa dampak hubungan obat, karena itu semestinya dijauhi. Kupas dengan dokter mengenai style makanan atau minuman yg semestinya dijauhi saat pemakaian obat Famotidine buat hindari hubungan obat.

Peringatan serta Perhatian Famotidine
Famotidine terhitung ke style obat keras yg pemakaiannya mesti lewat resep dokter. Turuti panduan pemakaian obat ini dengan teliti buat mengawasi keamanannya.

Tersebut disini berbagai hal lain yg butuh berubah menjadi peringatan serta perhatian saat pemakaian obat Famotidine:

Jangan pakai obat Famotidine pada pasien yg hipersensitif pada Famotidine serta elemen lain yg terdapat dalam obat ini. Hati-hati kalau Anda miliki kisah alergi pada obat semacam.
Berhati-hati pemakaian obat ini pada pasien yg miliki keadaan seperti masalah ginjal, kehamilan, ibu menyusui, serta lanjut usia.
Pemakaian Famotidine pada beberapa anak tidak dianjurkan. Bila harus tetap memakai obat ini, yakinkan pemakaiannya dibawah pengawasan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *